Asal Usul

Pupuk Kaltim [LENGKAP] !!!

Pupuk Kaltim merupakan salah satu perusahaan industri pupuk yang ada di Indonesia. Perusahaan ini memiliki 5 unit pabrik urea dan amoniak, dimana semua pabrik tersebut terletak di Kota Bontang, Kaltim. Selain memproduksi urea dan amoniak, pupuk kaltim juga memiliki pabrik pupuk NPK yang tersebar di 3 kota yaitu Semarang, Surabaya, dan Bontang. Pupuk Kaltim juga memproduksi pupuk organik dibeberapa kota lain seperti Parepare, Lombok Timur, Banyuwangi, Demak, dan Badung.

Pupuk Kaltim

Sejarah Perusahaan Pupuk Kaltim
Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, sebuah proyek pabrik pupuk dirintis di Kalimantan Timur. Proyek ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan petani akan pupuk yang jumlahnya terus meningkat. Dalam proyek tersebut tepatnya tahun 1997, dibangunlah sebuah pabrik pupuk pada lahan seluas 439 hektar yang awalnya adalah areal hutan di Kaltim.

Pembangunan pabrik pupuk kaltim tersebut kemudian diikuti oleh banyak proyek-proyek serupa lainnya. Secara berturut-turut, pembangunan proyek-proyek tersebut antara lain: Pabrik Pupuk Kaltim-2 (1982), Pabrik Pupuk Kaltim-3 (1986), Pabrik Pupuk Kaltim-4 (1999), dan Pabrik Pupuk Kaltim 5 (2012). Dari total keseluruhan pabrik tersebut, kapasitas produksi pupuk yang dihasilkan oleh Pupuk Kaltim mencapai 2,98 juta ton urea per tahun, 1,85 juta ton Amoniak per tahun, 350.000 ton pupuk NPK per tahun.

Produk-produk Pupuk Kaltim
Dari keseluruhan produksi Pupuk Kaltim, secara spesifik terdapat 4 produk yang dihasilkan dari perusahaan milik BUMN ini. ke empat produk pupuk kaltim tersebut, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

DAFTAR PRODUK PUPUK KALTIM

No. Produk Pupuk Kaltim Keterangan
1. Pupuk UREA Senyawa CO(NH3)2 yang digunakan untuk memacu pertumbuhan vegetatif tanaman yang dibuat dari urine, protein, dan fungi. Pupuk ini diproduksi dengan bentuk curah butiran.
2. AMONIAK Senyawa NH3 yang digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan pupuk urea. Senyawa ini beraroma khas pesing.
3. NPK PELANGI Produk baru Pupuk Kaltim yang dibuat dengan banyak keunggulan. Pupuk ini mampu meningkatkan hasil produksi petani hingga 40%. Pupuk NPK Pelangi terbagi menjadi 4 sub-produk pupuk yaitu NPK Pelangi Unggul, NPK Pelangi Prima, NPK Pelangi Super, dan NPK Pelangi Maxi.
4. ZEORGANIK Produk Pupuk organik Pupuk Kaltimyang mengandung C-organik tinggi yang berfungsi memperbaiki sifat-sifat tanah.
Demikianlah pembahasan mengenai pupuk Kaltim yang kami himpun dari berbagai sumber. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Kami mohon agar artikel ini dapat dishare melalui jejaring sosial. Terimakasih.