Asal Usul

3 Teknik Pengendalian Hama Wereng Tanaman Padi

Pengendalian Hama Wereng - Selain tikus, hama wereng merupakan salah satu hama yang sangat ditakuti oleh petani. Para petani menganggap bahwa hama wereng sangat sulit dikendalikan, hal ini disebabkan karena petani biasanya hanya mengetahui atau mengenal serangan hama wereng setelah terjadi serangan parah pada tanaman. Memang benar jika suatu tanaman padi terserang hama wereng jika sudah terlanjur parah padi akan berwarna memerah atau mengering itu tandanya hama wereng sudah sangat sulit dikendalikan.

Misalnya hama wereng coklat sampai saat ini masih dianggap sebagai hama utama pada tanaman padi. Karena hama wereng dapat menyebabkan kerusakan yang cukup luas dan hampir terjadi pada setiap musim penanaman kerusakan yang disebabkan oleh hama wereng coklat dapat terjadi secara langsung maupun secara tidak langsung. Secara langsung karena hama wereng coklat menghisap cairan dari jaringan tanaman padi sehingga tanaman padinya menjadi kering dan akhirnya tanaman menjadi kering. Secara tidak langsung, karena hama wereng coklat dapat menyebabkan virus penyakit kerdil rumput dan kerdil hampa.


Pengendalian Hama Wereng Tanaman Padi

Pengendalian Hama Wereng

Gejala yang timbul dari serangan hama wereng coklat dapat terlihat dari warna daun yang menguning kemudian tanaman menjadi mengering dengan cepat (seperti terbakar). Gejala hama wereng coklat dapat dikenal dengan istilah hepperbum. Dalam suatu gejala hepperbum terlihat sebagai bentuk lingkaran yang menunjukkan pola penyebaran hama wereng coklat yang mulai dari suatu titik ke titik yang lain kemudian menyebar ke segala arah dalam bentuk lingkaran. Dalam keadaan seperti ini populasi hama wereng coklat biasanya sudah sangat tinggi sehingga pengendalian hama wereng susah untuk dilakukan.

Tindakan preventif pengendalian hama wereng

Pencegahan dengan cara melakukan pengamatan di lahan penanaman padi. Tindakan ini dapat di lakukan dengan cara;

a.    Tanaman padi serempak
Misalnya menanam padi pada bulan januari maka semua di harapkan menanam pada bulan januari agar tanaman padinya tumbuh serempak sehingga dapat mengurangi populasi hama wereng coklat yang ada di padi. Maka petani harus berusaha menanam padi dengan serempak.

b.    Pengamatan Wereng Coklat
Pengamatan pada tanaman padi setiap 1-2 minggu sekali. Misalnya ada daun padi yang dilakukan pemeriksaan dengan teliti. Apabila ditemukan seekor hama wereng di sekitar padi segera di bunuh atau dimusnahkan dan periksa telur-telurnya di sekitar daun lalu daun-daun tersebut dipotong dan dibakar.

c.    Perangkap Lampu
Perangkap lampu merupakan perangkap yang paling umum digunakan untuk pemantauan migrasi dan pendugaan populasi serangga yang tertarik pada cahaya khususnya hama wereng coklat. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan perangkap lampu antara lain : kekontrasan lampu yang di gunakan (semakin kontras cahaya lampu yang di gunakan maka akan semakin luas jangkauan tangkapanya), kemampuan serangga untuk menghindari lampu perangkap yang di pasang dan intensitas cahaya (pada umumnya serangga cenderung tertarik pada cahaya dengan intensitas tinggi).

Pengendalian Hama Wereng, 2015
ditulis oleh Shela Intan Lestari
XI ATP 2 - SMK Negeri 1 Lempuing Jaya