Asal Usul

Penataan Ruang Laboratorium Kultur Jaringan

Penataan ruangan dalam laboratorium disesuaikan dengan langkah-langkah dalam prosedur kultur jaringan dan alat-alat yang diperlukan,  pembagian ruangan dalam laboratorium kultur jaringan adalah sebagai berikut. 

Laboratorium Kultur Jaringan

Ruang persiapan, ruangan ini digunakan untuk persiapan media, persiapan bahan tanaman, tempat pencucian dan penyimpanan alat-alat gelas. Pada ruangan ini terdapat alat-alat seperti: timbangan analitik, kulkas, hot plate magnetic stirer, pH meter, otoklaf, oven, alat-alat gelas standar, lemari alat-alat, lemari bahan, dan lain-lain.

Ruang transfer, ruangan ini digunakan untuk inokulasi eksplan yang dimulai dari isolasi bagian tanaman, sterilisasi, dan penanaman eksplan pada media. Ruangan ini harus steril bebas dari debu dan hewan kecil.  Dalam ruangan ini terdapat peralatan seperti: laminar air flow cabinet, alat-alat diseksi (scalpel, pinset, spatula, guntung, jarum), hand sprayer, bunsen, timbangan kecil, dan lain-lain.

Ruang kultur, ruangan ini digunakan untuk pertumbuhan kultur. Ruangan ini memerlukan pengaturan faktor-faktor lingkungan seperti: suhu, cahaya, dan kelembaban.  Pada ruangan ini terdapat: rak-rak kultur yang bertingkat 3-4 dilengkapi lampu TL, timer untuk mengontrol lama penyinaran, AC, mikroskop, shaker (penggojok), dan lain-lain.


0 Response to "Penataan Ruang Laboratorium Kultur Jaringan"