Asal Usul

Akar Delima Obat Cacing Herbal

Delima (Punica granatum L.) adalah tanaman pohon yang berbuah merah tergolong ke dalam famili punicaceae. Tanaman ini diketahui merupakan tanaman asli Indonesia. Di berbagai daerah, tanaman ini memiliki beberapa sebutan yang antara lain dalima (Sunda), gangsalan (Jawa), dhalima (Madura), dan glima (Aceh).

Delima (Punica granatum L.)

Fungsi tanaman delima:
Tanaman delima menghasilkan buah yang enak rasanya. Selain itu, akarnya ternyata dapat digunakan sebagai obat cacing alami yang sangat berkhasiat. Penggunaannya adalah akar delima ditumbuk hingga halus kemudian direbus. Air rebusan tersebut diminum pada malam hari menjelang tidur. Pagi harinya, cacing pita yang memarasit di usus besar perut dapat terikut keluar ketika buang air besar.

Untuk obat panu dan kudis, ambil 1 gram daun delima tua, 1 gram daun sambiloto, dan 1 gram belerang. Semua bahan tersebut kemudian digiling bersamaan hingga halus. Tambahkan 2 gram tepung singkong (aci) dan 2 gram minyak kelapa pada hasil gilingan tersebut. Kemudian campuran halus ramuan ini di balurkan pada bagian tubuh atau kulit yang terserang kudis. Penggunaan ramuan ini dianjurkan 3 kali sehari hingga kudis yang diderita sembuh.


0 Response to "Akar Delima Obat Cacing Herbal"