Asal Usul

Sekilas tentang Gulma

Gulma adalah kelompok tumbuhan yang tumbuh dengan tidak dikehendaki oleh manusia. Hal ini terjadi karena gulma dianggap sebagai pengganggu pertumbuhan tanaman, baik itu pertumbuhan yang bersifat kuantitatif  (kerugian dalam jumlah atau bisa diwujudkan dengan angka) maupun pertumbuhan yang bersifat kualitatif (kerugian dalam hal kualitas hasil pertanian yang tidak bisa diwujudkan dengan angka).

Gulma Tanaman

Beberapa kerugian yang ditimbulkan oleh keberadaan gulma antara lain menimbulkan kompetisi dengan tanaman budidaya, sebagai rumah inang dari hama maupun patogen penyebab penyakit tanaman, mengurangi kualitas dan kuantitas hasil panen tanaman, dan menghambat kelancaran aktivitas pertanian.

Selain menimbulkan kerugian, keberadaan gulma juga dapat menguntungkan bagi kegiatan budidaya pertanian. Keuntungan tersebut antara lain sebagai konservasi alami untuk lahan gundul, menjadi makroflora yang dapat mensuplai bahan organik dalam tanah, serta gulma juga dapat difungsikan untuk beberapa keperluan.

Gulma mempunyai kemampuan untuk berkembangbiak secara generatif menggunakan biji, maupun secara vegetatif dengan membentuk organ perkembangbiakan vegetatif seperti umbi akar,  umbi daun, stolon, rhizom, umbi batang, dan rootstock.

0 Response to "Sekilas tentang Gulma"