Asal Usul

Pupuk Posfor Jenis Lain

Selain ketiga jenis pupuk posfat yang umum ada dipasaran yakni DS, TSP, dan SP 36, pupuk posfor juga dapat ditemukan dalam bentuk dan jenis yang lain. Bentuk dan jenis pupuk posfor tersebut antara lain:

Pupuk posfor jenis Lain

Superfosfat tunggal adalah pupuk posfor yang dibuat dari campuran batuan posfat alam dan asam belerang. Pupuk ini memiliki kadar P2O5 antara 14% sampai 20%. Pupuk superfosfat tunggal juga dikenal dengan istilah enkelsuperfosfat (ES). Pupuk ini mudah larut dalam air dan bersifat agak higroskopis.

Fosfat cirebon adalah pupuk posfor yang dibuat dari batuan fosfat alam yang diperoleh dengan penambangan di pegunungan Kromong, Cirebon Jawa Barat. Pupuk ini berbentuk butiran kasar berwarna coklat muda dengan kandungan P2O5 sebesar 25% sampai 28%.

Fused magnesium phosphate (FMP) adalah pupuk posfor yang berupa serbuk halus dengan warna abu-abu asli buatan Jepang.. Pupuk ini memiliki kandungan hara P2O5 sebesar 19% hingga 21% dan kandungan MgO sebesar 15% sampai 18%. Pupuk ini bersifat non-higroskopis dengan reaksi basa.

Kalium metafosfat adalah pupuk posfor yang memiliki kandungan hara P2O5 tertinggi diantara jenis pupuk posfor lainnya lantaran kandungan hara P2O5 dari pupuk ini dapat  mencapai 65%. Meski demikian, pupuk yang bereaksi netral ini sangat jarang dijumpai dipasaran, lantaran harganya yang tergolong sangat tinggi.

Serbuk thomas adalah pupuk posfor yang bentuknya berupa sebuk halus berwarna abau-abu kecoklatan diproduksi dari hasil samping pembuatan besi baja. Pupuk ini memiliki kandungan hara P2O5 antara 14% hingga 18%, Pupuk serbuk thomas pertamakali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Inggris, yakni S.G. Thomas.

Citrapos dan CIRP adalah pupuk posfor berbentuk butiran halus yang sama-sama memiliki kandungan P2O5 berkisar antara 32% hingga 36%. Perbedaan antara pupuk Citrapos dan CIRP adalah jika pupuk Citrapos diproduksi dari bahan fosfat alam Yordania, sedangkan CIRP diproduksi dari batuan fosfat alam Pulau Chrismas (Chrismass Island Rock Fosfat).

Dikalium fosfat adalah pupuk posfor yang dibuat dari campuran bahan batuan posfat alam, asam klorida (HCl), dan kapur. Pupuk yang memiliki kandungan hhara P2O5 antara 37% hingga 41% ini bereaksi netral.

0 Response to "Pupuk Posfor Jenis Lain"