Asal Usul

Pelukaan Batang untuk Merangsang Pembungaan Tanaman Nangka dan Cempedak

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merangsang pembungaan pada tanaman nangka dan cempedak adalah dengan pelukaan batang utama tanaman nangka dan cempedak tersebut. Pelukaan batang dapat dilakukan dengan membacok-bacoknya menggunakan golok. Secara logis, pelukaan batang dapat menyebabkan aliran fotosintat dari daun ke bagian tanaman lain akan terhambat. Fotosintat yang tidak dapat dialirkan tersebut kemudian secara tidak langsung akan dimanfaatkan oleh tanaman untuk memproduksi bunga.

 Merangsang Pembungaan Tanaman

Pada praktiknya, pelukaan batang hanya dilakukan sebatas pada jaringan kulitnya saja (floem). Bila pelukaan dilakukan hingga jaringan kayunya (xilem), batang tanaman akan penuh luka yang tidak bisa disembuhkan, bahkan dapat hingga menyebabkan kematian tanaman tersebut.

Cara melakukan pelukaan:

Siapkan alat berupa golok atau sabit yang tajam dan sebelumnya telah bersihkan terlebih dulu. Bacok-bacok batang nangka dan cempedak pada ketinggian antara 0,5 sampai dengan 2 meter dari permukaan tanah. Untuk menghindari masuknya air hujan pada luka hasil bacokan, usahakan agar arah bacokan adalah dari atas ke bawah. Pembacokan dilakukan spiral dari bawah ke atas dan usahakan bacokan dilakukan dengan teratur.

0 Response to "Pelukaan Batang untuk Merangsang Pembungaan Tanaman Nangka dan Cempedak"