Asal Usul

Pengertian dan Jenis Buah Tanaman

Secara botanis, buah normal adalah suatu bagian tanaman yang terbentuk dari hasil penyerbukan bunga dan biasanya mengandung biji yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan tanam melalui perbanyakan secara generatif. Secara umum, buah dibagi kedalam beberapa macam yakni buah tunggal, buah tunggal kering, buah tunggal berdaging, buah agregat, dan buah berganda.

Pengertian dan Jenis Buah Tanaman

Buah tunggal adalah buah bakal buah yang masak dari dari satu putik, baik bunga tunggal maupun bunga majemuk, buah tunggal dapat kering atau berdaging.

Buah tunggal kering adalah buah sewaktu masak/matang menjadi keras seperti kulit, tipis seperti kertas, atau seperti kayu.  Contaoh adalah buah widuri,kacang tanah, dan buah kemiri.

Buah tunggal berdaging adalah buah dengan sebagian atau seluruh dinding buahnya berdinding pada waktu masak yang diklasifikasikan sebagai buah tunggal berdaging seperti buah kurma, terong besar, cabai dan rambutan.  Buah tersebut adalah buah yang digolongkan sebagai buah buni, yaitu seluruh isi dinding bakal buah menjasi masak.

Buah agregat adalah buah yang berkembang dari suatu bunga yang memiliki putik tunggal, buah tersebut berkembang menjadi buah batu yang sangat kecil dan menempel satu sama lain tetapi terpisah sebagai unit tersendiri dari dasar bunga yang kering melengkung berbentuk kubah.

Buah berganda adalah buah yang terjadi dari sekelompok bunga yang amat berdekatan, bukannya dari bunga tunggal.  Buah yang dihasilkan dari tiap bunga dan saat matang tinggal bersama dalam satu massa.  Sebagai contoh adalah buah sukun (Artocarpus communis) dan nenas.  Buah tersebut terbentuk dari bunga dengan pistil tunggal.

0 Response to "Pengertian dan Jenis Buah Tanaman"