Asal Usul

Pupuk Nitrogen Jenis Lain

Selain ditemukan sebagai pupuk ZA dan Urea (prill dan non-prill), pupuk nitrogen juga dapat ditemukan dalam bentuk lain seperti Chilisalpeter, Amoniumsulfatnitrat (ASN), Amonium nitrat, Amonium klorida, dan Kalsium amoniumnitrat. Kendatipun demikian, keberadaan pupuk N dalam jenis tersebut sangat sulit ditemui dipasaran.

Chilisalpeter, Amoniumsulfatnitrat (ASN), Amonium nitrat, Amonium klorida, dan Kalsium amoniumnitrat.

Chilisalpeter adalah pupuk nitrogen yang dihasilkan dari batuan alam yang memiliki kandungan hara N cukup tinggi. Batuan alam yang demikian, hanya dapat ditemui di padang pasir utara Chili, Amerika Selatan. Selain mengandung hara nitrogen yang cukup tinggi, yakni sekitar 16%, Chilisalpeter juga mengandung Boron sekitar 0,04%. Sama seperti pupuk nitrogen jenis lain, pupuk Chilisalpeter juga bersifat higroskopis dan mudah larut dalam air.

Amoniumsulfatnitrat (ASN) adalah pupuk yang bentuknya seperti garam yang memiliki ikatan rangkap dari asam amonium sulfat dan asam amonium nitrat. Kadar nitrogen dari pupuk ini adalah sebesar 26%. Pupuk Amoniumsulfatnitrat (ASN) diperdagangkan khusus oleh Rurh-Stickstoff A.G. dari Jerman, Bentuk pupuk yang seperti kristal garam ini sering mengeras, mudah menyerap air dan bersifat sangat higroskopis. Karena bahannya pembuatnya berupa asam, pupuk ini jika diaplikasikan tanah akan menimbulkan reaksi agak masam seperti pupuk ZA.

Amonium nitrat adalah pupuk nitrogen yang berupa padatan asam dengan kandungan hara N sekitar 35%. Pupuk ini bersifat higroskopis, mudah dserap akar tanaman, tetapi mudah terbakar jika bercampur dengan bahan organik. Pupuk Amonium Nitrat bereaksi netral pada tanah.

Amonium klorida adalah pupuk nitrogen yang reaksinya bersifat asam dengan kandungan hara nitrogennya sebesar 24%.


Kalsium amoniumnitrat adalah pupuk pupuk nitrogen yang reaksinya bersifat netral dengan kandungan hara nitrogennya sebesar 20,5%.

0 Response to "Pupuk Nitrogen Jenis Lain"