Asal Usul

Pengertian, Tujuan, dan Prinsip Pembuatan Larutan Stok

Larutan stok adalah larutan yang konsentrasinya dipekatkan dari konsentrasi dalam media.  Kepekatan tersebut biasanya dinyatakan dalam kelipatan konsentrasi media, misalnya 10x, 20x, 100x, bahkan 1000x dari konsentrasi media. Tujuan dibuatnya larutan stok adalah untuk menghindari penimbangan atau penakaran yang berulang-ulang setiap kali membuat media tanam bagi eksplan.  Selain itu, kadang kali timbangan untuk menimbang bahan-bahan dalam jumlah yang sangat kecil tidak tersedia di laboratorium.   Larutan stok sebaiknya disimpan di tempat yang bersuhu rendah dan gelap.

Larutan Stok

Pada prinsipnya pembuatan larutan stok harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

Masa kadaluarsa; larutan stok baik makro maupun mikro tidak dianjurkan untuk dipakai lebih dari 2 bulan, sedangkan stok vitamin masa pemakaiannnya sebaiknya tidak melebihi 2 minggu. Oleh karena itu stok yang dibuat harus habis sebelum melewati batas kadaluarsanya

Konsentrasi/kepadatan larutan; larutan stok yang dibuat terlalu pekat dikhawatirkan akan mudah membentuk endapan-endapan yang menyebabkan berkurangnya konsentrasi senyawa-senyawa pada larutan stok tersebut

Volume wadah; untuk menghemat tempat penyimpanan larutan stok di dalam kulkas, kita dapat membuat larutan stok pada wadah yang lebih kecil dengan tetap memperhatikan kejenuhan/kepekatan larutan.  

Pengelompokan ion sejenis/senama; pengelompokkan stok juga didasarkan pada jenis ion senama, mengingat adanya ion senama membuat senyawa-senyawa yang dilarutkan stabil dalam bentuk ion-ion. 

0 Response to "Pengertian, Tujuan, dan Prinsip Pembuatan Larutan Stok"