Asal Usul

Pupuk Magnesium

Pupuk magnesium adalah pupuk tunggal yang mengandung hara MgO yang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sifat kimia tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Di pasaran pupuk ini dapat dijumpai dalam 2 jenis yaitu pupuk kieserit dan pupuk dolomit. Penggunaan keduanya umumnya diaplikasikan untuk meningkatkan derajat keasaman (pH) tanah pada lahan budidaya. Pupuk ini juga lazim disebut sebagai kapur pertanian.

Kieserit dan Dolomit


Pupuk kieserit adalah pupuk magnesium yang dibuat sedemikian rupa dari bahan yang disebut brucit (Mg(OH)2) dan magnesit (MgCO3). Rumus kimia dari pupuk kieserit adalah MgSO4.H2O atau dalam bahasa lainnya disebut magnesium sulfat. Pupuk kieserit berbentuk hablur dengan warna putih keabu-abuan dan agak sulit larut dalam air. Pupuk kieserit mengandung 29% MgO dan 23% S. Kandungan S didalam kieserit menyebabkan pupuk ini kurang efektif jika diaplikasikan untuk tujuan pengapuran tanah.

Pupuk dolomit adalah pupuk magnesium yang diperoleh dengan menggiling batuan dolomit hasil penambangan. Pupuk dolomit memiliki rumus kimia yang cukup panjang, yakni CaCO3.MgCO3. Pupuk ini selain memiliki kandungan MgO sekitar 18% hingga 21%, juga memiliki kandungan CaO sebesar 40%. Karena kandungan Mg dan Ca nya yang tinggi, pupuk ini sangat cocok diaplikasikan untuk tujuan meningkatkan pH tanah. Kelarutannya yang cukup baik serta keberadaannya yang mudah diperoleh menyebabkan pupuk ini banyak diminati oleh petani kita.


0 Response to "Pupuk Magnesium"