Asal Usul

Prakoagulasi Lateks dan Penyebabnya

Prakoagulasi lateks adalah kondisi tidak stabil pada lateks yang terjadi sebelum sampai di pabrik pengolahan karet yang ditandai dengan lateks membubur sampai menggumpal dan menyebabkan penurunan mutu karet yang akan dihasilkan. Prkoagulasi lateks terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain:

Prakoagulasi lateks

Pengenceran oleh air hujan
Pengenceran menyebabkan penurunan tekanan osmosis pada serum lateks sehingga tekanan osmosis dalam beta-serum menjadi lebih besar mengakibatkan pecahnya membran partikel lutoida lateks.
 
Kotoran
Kotoran yang banyak mengandung ion logam elektrolit seperti Ca, Mg, Fe  dapat menyebabkan penurunan elektropotensial lateks dan pembentukan garam di dalam lateks serta menjadi aktivator atau katalis proses ionisasi lateks.

Fisik-Mekanis

Goncangan selama pengangkutan dan terik matahari langsung dapat menyebabkan denaturasi protein dalam serum lateks.

Intensitas Sadap
Intensitas sadap yangg tinggi dapat menyebabkan penurunan kadar karet kering pada lateks yang dihasilkan.  Banyaknya serum yang mengandung karbohidrat dan protein meningkatkan aktifitas bakteri di dalam lateks.

Infeksi Jasad Renik
Kandungan karbohidrat dan protein di dalam lateks  menjadikan media pertumbuhan dan perkembangan biak yang baik bagi bakteri. Sedangkan bakteri dapat menyebabkan penguraian protein pada lateks dan meningkatkan kemasaman pada lateks.

Aktifitas Enzim
Enzim di dalam lateks seperti fosfolipase dan protease bersifat enzimatik dan dapat menguraikan protein pelindung sistem koloida lateks.  Kerja enzim dapat menjadi lebih cepat dengan adanya ion-ion logam yang tercampur di dalam lateks.

Keadaan Tanaman
Tanaman karet yang masih muda atau terlalu tua menghasilkan lateks yang tidak stabil.  Tanaman muda menghasilkan lateks dengan KKK rendah dan tanaman tua menghasilkan lateks dengan KKK tinggi.

1 Response to "Prakoagulasi Lateks dan Penyebabnya"

springbed malang said...

Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari Springbed / Kasur merk american yang nyaman dari lateks alami di Malang silahkan cek di sini:
Springbed American
Springbed American vs Central
Springbed American Imperial
Springbed American King
Springbed American Pillo
Springbed American Pillow
Springbed American vs Bigland
WA : 081249676477
Springbed Malang
Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang
springbedmalang.com