Asal Usul

Pupuk Urea Non-Prill

Urea non prill adalah pupuk nitogen dari jenis urea prill yang dipadatkan sedemikian rupa hingga bentuk dan ukurannya lebih besar dibandingkan urea prill. Urea non prill dapat ditemukan dalam berbagai jenis yang antara lain urea ball fertilizer, urea super granule (USG), urea briket, dan urea tablet.

Pupuk Urea Non-Prill

Urea ball fertilizer adalah pupuk urea yang bentuknya seperti bola-bola kecil yang ukurannya sebesar bola pingpong. Unsur nitrogen dari pupuk ini terlepas secara lambat dan sangat efektif jika diterapkan untuk tanaman perkebunan.

Urea super gralnule (USG) adalah pupuk non prill yang bentuknya mirip seperti urea prill hanya saja ukurannya cenderung lebih besar. Pupuk urea super granule belum diproduksi secara besar lantaran biaya pembuatannya cukup tinggi. Oleh karena itulah meski dapat ditemui dipasaran, harga yang ditawarkan untuk memperoleh pupuk ini sangat mahal. Kendatipun demikian, pupuk  urea super granule memilki khasiat yang sangat baik bagi tanaman. Jika pupuk ini diaplikasikan pada tanaman padi, produktivitas tanaman padi yang ditanam akan meningkat tajam yakni sekitar 3,4% sampai 20,4% lebih tinggi jika dibandingkan tanaman padi yang menggunakan pupuk urea prill.

Urea briket adalah urea prill yang dipadatkan sedemikian rupa dan merupakan penyempurnaan bentuk urea super granule. Urea briket berbentuk pipih seperti cakram, rapuh, dan mudah lengket. Sifat kimia pupuk urea briket nyaris sama dengan pupuk urea prill maupun urea super granule.

Urea tablet adalah  urea prill yang sudah diproses sedemikian rupa dengan bantuan pengempa bertekanan tinggi hingga bentuknya menjadi seperti tablet. Dibanding urea prill, urea tablet mempunyai beberapa keunggulan seperti penggunaannya lebih efisien (dari segi biaya pembelian maupun biaya tenaga kerja), lebih efektif diserap tanaman, dan meningkatkan produktivitas tanaman secara berkelanjutan.

0 Response to "Pupuk Urea Non-Prill"