Asal Usul

Klasifikasi Herbisida menurut Waktu Aplikasinya

Berdasarkan waktu aplikasinya, herbisida diklasifikasikan ke dalam 4 jenis yakni herbisida pra pengolahan tanah, herbisida pra penanaman, herbisida pasca penanaman, dan herbisida

Herbisida pra-pengolahan tanah adalah herbisida yang diaplikasikan pada sebidang lahan yang diperuntukan sebagai lahan pertanian sebelum tanah tersebut diolah dan ditumbuhi berbagai jenis vegetasi termasuk gulma.  Aplikasi herbisida pra-pengolahan tanah bertujuan untuk memudahkan kegiatan pengolahan tanah sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien tanpa terkendala oleh keberadaan gulma.


Herbisida pra-tanam adalah herbisida yang diaplikasikan pada sebidang lahan pertanian yang telah diolah dan sudah siap ditanami. Aplikasi herbisida ini bertujuan untuk meminimalisasi pertumbuhan gulma pada sela-sela tanaman yang dibudidayakan melalui pembentukan lapisan herbisida tepat di atas permukaan tanah. Lapisan herbisida tersebut diharapkan mampu menghalangi proses perkecambahan biji gulma sehingga tanaman terbebas dari gulma.

Herbisida pasca-tanam adalah herbisida yang diaplikasikan pada saat tanaman telah ditanam dan gulma belum tumbuh di lahan budidaya. Aplikasi herbisida ini bertujuan untuk dapat menekan pertumbuhan gulma yang akan muncul bersamaan dengan tumbuhnya tanaman yang dibudidayakan. Bila aplikasi herbisida pasca-tanam tidak dilakukan dan gulma tumbuh bersama dengan tanaman yang dibudidayakan, tanaman akan bersaing dengan gulma dalam memperoleh unsur hara dan sinar matahari sehingga pertumbuhannya tidak akan optimal.

Herbisida pasca-tumbuh adalah herbisida yang diaplikasikan pada saat tanaman yang ditanam telah tumbuh di lahan budidaya. Aplikasi herbisida ini bertujuan untuk mengurangi daya saing antara tanaman yang dibudidayakan dengan gulma yang tumbuh liar di sela-sela tanaman. Dengan pengendalian gulma menggunakan herbisida pasca-tumbuh, diharapkan tanaman yang dibudidayakan mampu tumbuh secara optimal tanpa terganggu oleh gulma. Penggunaan herbisida pasca-tumbuh ini biasanya identik dengan penggunaan herbisida dengan selektivitas tinggi.

0 Response to "Klasifikasi Herbisida menurut Waktu Aplikasinya"