Asal Usul

Perbedaan Predator dan Parasitoid

Predator Hama

Perbedaan mendasar antara predator dan parasitoid adalah sebagai berikut :
  1. Predator memakan atau menghisap mangsanya dengan cepat setelah dibunuh terlebih dahulu. Parasitoid menyedot energi dan memakan selagi inangnya masih hidup.
  2. Predator (nimfa dan imago) dapat memangsa semua tingkat perkembangan mangsanya (telur, larva/nimpa, pupa, imago). Parasitoid pada tingkat perkembangan tertentu (larva) mungkin hanya memarasit telur, larva/nimpa, pupa, atau imago inangnya.
  3. Kebanyakan predator bersifat karnifor baik stadium pradewasa maupun stadium imago dan memakan jenis mangsa yang sama atau beberapa jenis mangsa. Parasitoid hanya memarasit ketika ia masih belum dewasa dan berkembang di dalam atau pada satu inang yang binasa perlahan-lahan sampai parasitoid berkembang dengan sempurna. Imago parasitoid biasanya hidup bebas, makan dengan cara menghisap madu, kadang-kadang cairan tubuh inangnya.
  4. Seekor predator memerlukan dan memakan banyak mangsa selama hidupnya. Seekor parasitoid memerlukan hanya satu ekor inang selama hidupnya, tetapi pada akhirnya mampu mematikan sejumlah besar inang. Seeekor imago parasitoid memasukkan sebuah telur ke dalam tubuh inang yang kemudian berkembang menjadi kepompong dan keluar sebagai imago. Imago inilah yang akan meletakkan telur pada banyak inang berikutnya hingga pada akhirnya mematikan sejumlah banyak inang.
  5. Predator membunuh mangsa untuk dirinya. Parasitoid membunuh atau melumpuhkan inang untuk kepentingan keturunannya.
  6. Ukuran tubuh predator lebih besar dibandingkan dengan tubuh mangsanya. Ukuran tubuh parasitoid lebih kecil dibandingkan dengan inang.
  7. Metamerfosis predator ada yang sempurna dan juga yang tidak sempurna. Metamorfosis parasitoid adalah sempurna.
  8. Predator ada yang bersifat polifag, oligofag, omnivor dan herbifor. Parasitoid kebanyakan bersifat monofag dan oligofag.
  9. Dari segi prilaku makannya ada predator yang mengunyah semua bagian-bagian tubuh mangsanya. Ada lagi predator yang menusuk mangsanya dengan mulut yang berbentuk jarum lalu menghisap isinya.  Predator yang tergolong menghisap ini sering menginjeksikan racun-racun yang keras dan enzim-enzim pencernaan hingga mangsanya lumpuh dan mempermudah menghisap isinya. Parasitoid memerlukan makanan kebanyakan semasa stadium larva.  Ada imago yang tidak makan ada juga yang masih perlu makan dalam bentuk cairan saja seperti embun madu.  Cara makannya dengan menghisap embun madu tersebut.

0 Response to "Perbedaan Predator dan Parasitoid"