Asal Usul

Taksonomi Tanaman Kacang Tanah

Kacang tanah (Arachis hypogeae) adalah salah satu tumbuhan yang termasuk dalam famili kacang-kacangan (leguminosae). Kacang tanah memiliki 2 sub spesies yakni subspesies hypogeae dan sub spesies fastigiata. Kendatipun terbagi ke dalam 2 spesies penamaan tanaman kacang tanah tetap hanya satu yakni Arachis hypogeae. 

Kacang tanah sub spesies hepogeae atau juga biasa disebut kacang tanah Virginia, memiliki bentuk pertumbuhan merambat atau menjalar, kendatipun juga ada beberapa yang pertumbuhannya tegak. Kacang tanah sub spesies ini memiliki ukuran biji yang lebih besar. Cabang dan bunganya tumbuh berselang seling pada cabang primer dan cabang sekunder, sedangkan batang utamanya tidak ditumbuhi bunga. Pada satu buah batang umumnya dapat tumbuh 5 sd 15 cabang. Umur panen pada kacang tanah sub speies ini adalah antara 4 sd 3 bulan. 

Taksonomi Tanaman Kacang Tanah

Kacang tanah sub spesies fastigiata memiliki 2 tipe yakni tipe Spanish (tipe yang banyak di tanam di Indonesia) dan tipe Valensia. Ke dua tipe ini memiliki sifat pertumbuhan tegak dengan ukuran biji yang lebih kecil. Bunga tumbuh pada ruas batang tanaman secara beruntun. Jumlah cabang pada tanaman kacang sub spesies ini memiliki jumlah yang sedikit, yakni sekitar 2 sd 8 cabang dan tumbuh setinggi batang utama. 

Kendatipun terdiri dari 2 spesies, nama botani kacang tanah tetap satu, yakni Arachis hypogaea L., dan berlaku bagi ke dua sub spesies tersebut. Untuk lebih jelasnya, taksonomi atau kedudukan kacang tanah dalam dunia tumbuhan (Kerajaan plantae) daoat dilihat sebagai berikut: 

Divisio : Spermathopyta
Sub-divisio : Angiospermae
Kelas : Dicotiledonae
Ordo : Polipetales
Familia : Leguminosae
Genus : Arachis
Spesies : Hypogeae
Sub spesies : Hypogeae dan Fastigiata
Varietas : Gajah, Macan, Anoa, Rusa,  Tupai, dan lain-lain.

0 Response to "Taksonomi Tanaman Kacang Tanah "