Asal Usul

Cendawan Pembusuk pada Tanaman Kacang Tanah

Beberapa jenis cendawan menyebabkan pada beberapa bagian tanaman kacang tanah menjadi busuk, seperti benih yang baru di tanam, polong, akar, dan batang. Cendawan-cendawan tersebut antara lain
<
  1. Rhizoctonia solani mengakibatkan pembusukan pada benih, kecambah, polong, dan batang. Cendawan ini berwarna hitam dan bentuknya seperti benang pendek. Serangan cendawan ini dapat dikendalikan dengan fungisida PCNB (penta chloronitro benzen).
  2. Aspergilus niger mengakibatkan pembusukan bahkan kematian pada benih yang baru di tanam dan juga kecambah yang sudah besar. Pencegahan dan pengendalian cendawan ini dapat dikendalikan dengan fungisida TMTD atau Thiram.
  3. Diploida gossypenia  mengakibatkan leher akar hingga tanaman kacang menjadi layu dan mati. Leher akar yang terserang akan berwarna coklat kehitaman karena jaringan di dalamnya telah rusak. Pencegahan penyakit ini dapat dikendalikan melalui rotasi tanaman secara berkala atau dengan tumpang sari.
  4. Fusarium sp menyerang hampir semua bagian tanaman  dan mengakibatkan busuk kering hingga layu. Penyakit ini paling efektif dikendalikan dengan melalui pergiliran tanaman yang tidak dalam satu family. Beberapa peneitian menunjukan bahwa rotasi kacang tanah dengan padi sawah atau padi gogo efektif menurunkan serangan penyakit ini.
  5. Cylindrocladium crotalariae menyebabkan timbulnya bercak hitam pada bagian luar polong dan giniphoranya. Akar dan pangkal batang yang terserang akan membusuk dan kering berwarna hitam. Serangan cendawan ini dapat dikendalikan melalui rotasi tanaman, penggunaan benih yang sehat, dan sanitasi lahan.
  6. Verticilium sp menyebabkan kelayuan dan pembusukan pada polong tanaman. Penggunaan varietas berbatang tegak diketahui efektif menekan penyebaran serangan cendawan ini.
  7. Rhizoporus sp adalah jenis cendawan tanah yang sering menginfeksi pada benih atau kecambah hingga layu dan mati.
  8. Pytium sp menyerang kecambah, akar, dan polong tanaman kacang tanah. Bagian yang terserang biasanya menjadi busuk basah, berwarna kehitaman dan polong serta bijinya menjadi busuk kehitaman dan rusak.

0 Response to "Cendawan Pembusuk pada Tanaman Kacang Tanah"