Asal Usul

Kecubung Si Obat Bengkak dan Asma

Kecubung (Datura fastuosa L.) adalah tanaman berupa pohon kecil yang tingginya mencapai 3 meter dengan batangnya berkayu lembek dan bunga berwarna ungu. Tanaman ini tergolong ke dalam famili solanaceae. Kecubung yang merupakan tanaman asli Indonesia ini, memiliki beberapa nama daerah yang antara lain kecubung (Sunda, Jawa, Bali), kecobhong (Madura), kacubong (Ujung Pandang), dan kacubueng (Minangkabau).

Kecubung (Datura fastuosa L.)

Fungsi tanaman kecubung:
Daun kecubung mengandung kalsium oksalat yang jika dilayukan di atas bara api kemudian diolesi sedikit minyak kelapa dapat mengobati bengkak pada tubuh dengan menempelkannya pada bagian yang bengkak. Kemudian jika pilek, gosoklah dada anda dengan tumbukan daun kecubung yang dicampur sedikit minyak kayu putih.

Daun kecubung juga dapat berfungsi untuk mengobati encok. Penggunaannya adalah dengan melumuri bagian badan yang encok dengan air perasan tumbukan daun kecubung yang dihangatkan. Jika anak sulit buang air besar, letakkan daun kecubung yang sudah dipanggang di atas bara api ke bagian atas perutnya. Daun kecubung yang ditumbuk bersama bawang merah, jahe, kapur tembok dapat dijadikan obat herbal alami pereda reumathik. Daun kecubung yang dikeringkan juga dapat dijadikan rokok sebagai obat sesak nafas alias asma.

0 Response to "Kecubung Si Obat Bengkak dan Asma"