Asal Usul

Lengkuas Si Obat Bronkitis

Lengkuas (Alpinia galanga L.) adalah tumbuhan perdu yang bisa mencapai tinggi 2 meter dan termasuk ke dalam famili zingebarceae. Lengkuas memiliki batang yang terpendam di dalam tanah. Memiliki buah berbentuk buah buni yang berbiji. Warna kulit buah lengkuas adalah jingga kemerah-merahan. Di Indonesia lengkuas memiliki beberapa sebutan yang antara lain laja (Sunda, Ujung Pandang), laos (Jawa, Madura), isem, kalawasan (Bali), langkueh (Minangkabau), halawas (Simelungan), lawas (Lampung), Laawasi (Ambon), dan galiasa (Ternate).

Lengkuas (Alpinia galanga L.)

Fungsi tanaman lengkuas:
Bagian tanaman lengkuas seperti batang muda, putik, dan bunga yang mekar dapat dijadikan lalapan. Selain itu air dari batang ini, berguna sebagai obat tetes sakit telinga. Lengkuas juga umum digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan pengawet alami makanan.

Lengkuas diketahui dapat digunakan sebagai obat herbal beberapa macam penyakit. Akar tinggal lengkuas (umbi batang) yang diparut, dapat digunakan sebagai pereda sakit otot, borok, koreng, dan obat pencernaan. Wanita yang baru bersalin, sangat dianjurkan meminum air perasan umbi batang lengkuas yang dicampur dengan sari bengle, jeringau, dan cuka jawa. Lengkuas yang digiling halus dan dicampur dengan minyak kelapa juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulis seperti kada, kurap, dan kutu air. Biji lengkuas juga berguna untuk penyembuhan sakit perut.

Di Eropa, lengkuas sering disebut radix galanga majoris, rhizoma alphine galanga, atau Java galangae. Minyak dalam umbi batang lengkuas sering diekstraksi untuk berbagai keperluan. Kandungan minyak tersebut yang antara lain pinen, emiol, champor, dan methylecinnamaat setelah diteliti ternyata mampu mengobati berbagai penyakit yang antara lain obat encok dan sebagai obat penawar racun. Minyak lengkuas yang dicampur dengan ekstrak lada panjang juga dapat menyembuhkan bronkitis.

0 Response to "Lengkuas Si Obat Bronkitis"