Asal Usul

Kunyit Obat Kulit Kuning Langsat

Kunyit (Curcuma domestica Val.) adalah tanaman semak berumbi akar yang berasal dari Indonesia dan masuk ke dalam famili Zingiberaceae. Kunyit memiliki beberapa nama daerah yang antara lain koneng temen (Sunda), kunir, temu kuning (Jawa), konyak (Madura), kunyi (Ujung Pandang), uni (Toraja). Selain ditanam di Indonesia, kunyit juga banyak dibudidayakan di India, Malaysia, dan Vietnam untuk keperluan ekspor ke negara-negara Eropa.

Kunyit (Curcuma domestica Val.)

Fungsi tanaman kunyit:
Akar tinggal kunyit yang rasanya pahit dan baunya harum itu biasanya sering digunakan sebagai pewarna alami makanan, bumbu masak, lalap, dan obat herbal alami. Akar kunyit yang diparut, patinya jika dicampur dengan air perasan jeruk dapat digunakan sebagai obat luka, sedangkan air patinya digunakan jika dicampur dengan tepung beras dapat berguna untuk lulur. Penggunaan air pati untuk lulur tersebut dapat membuat kulit si pemakainya menjadi kuning langsat.

Kunyit muda daun dan akar tinggalnya dapat dijadikan lalapan maupun bumbu kari. Umumnya jenis kunyit yang dapat dijadikan lalapan adalah kunyit mangga, kunyit lalab, dan kunyit putih.

Akar tinggal kunyit sebetulnya dapat dijadikan obat herbal penyembuh berbagai penyakit yang diantaranya obat encok, pegal, sakit dada, asma, darah tinggi, pelemasan kejang (sawan), dan pembersih sakit mata.

0 Response to "Kunyit Obat Kulit Kuning Langsat"