Asal Usul

Pemangkasan Tanaman Vanili

Pemangkasan merupakan salah satu tindakan pemeliharaan tanaman yang mutlak dilakukan dalam usaha budidaya vanili yang dilakukan dengan mengurangi ranting-ranting dan cabang tanaman yang tidak produktif. Pemangkasan dilakukan karena beberapa tujuan yang antara lain:
  1. Untuk merangsang pembentukan cabang dan tunas-tunas baru yang dapat menghasilkan bunga dan buah.
  2. Untuk membuang bagian tanaman yang terserang hama atau penyakit agar serangannya tidak meluas.
  3. Untuk mengoptimalkan laju penyinaran matahari dan menjaga kelembaban kebun.
  4. Untuk mengurangi jumlah bunga dan buah agar fotosintat terpusat untuk pembentukan buah yang diprioritaskan.
  5. Untuk mengoptimalkan aplikasi pestisida.
  6. Selain karena tujuan-tujuan umum tersebut, pemangkasan tanaman vanili juga didasari karena sifat pertumbuhannya yang cenderung tumbuh ke atas dan tidak akan berbunga bila tidak dilakukan pemangkasan.

Panen pada tanaman vanili hanya dapat dilakukan 1 kali selama 1 tahun dengan masa panen 2 sampai 3 bulan. Masa panen yang panjang terjadi karena kemasakan buah vanili di dalam satu kebun bahkan di satu tandan tidaklah bersamaan. Panen dilakukan dengan memungut buah yang sudah masak morfologis, yakni buah yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Jika buah yang dipanen masih muda atau sudah kelewat tua, kadar vanilin yang diperoleh dari buah akan sangat rendah, sehingga keuntungan yang diperoleh tidak optimal.

Pemangkasan dilakukan pada pucuk tanaman dan cabang-cabang lateral yang sudah tidak produktif lagi (sudah pernah berbuah). Pemangkasan tersebut akan berakibat pada terbentuknya tunas-tunas baru yang lebih produktif dalam menghasilkan buah. Pemangkasan sebaiknya dilakukan oada saat musim berbunga, yakni sekitar bulan Agustus hingga Oktober dan dilakukan secara berkala setiap tahunnya. Pemangkasan yang dilakukan pada waktu yang tidak tepat dapat mengakibatkan pertumbuhan tunas-tunas baru menjadi terhambat dan optimalisasi kuantitas panen tidak akan tercapai.

0 Response to "Pemangkasan Tanaman Vanili"