Asal Usul

Hubungan Air, Tanah, dan Tanaman

Dalam kaitannya dengan budidaya pertanian, tanah adalah tempat atau media dimana akar tanaman tumbuh dan menyerap air juga unsur hara. Tanah tersusun dari 4 komponen utama yang antara lain bahan mineral, bahan organik, air, dan udara.ke-empat bahan tersebut bersatu untuk kemudian membentuk agregat tanah. Agregat yang terbentuk didalamnya pastilah terdapat ruang pori yang dapat ditempati oleh air dan udara. Ruang pori tersebut dalam istilah ilmu tanah dikenal dengan istilah pori tanah. Pori tanah yang berukuran kecil disebut pori mikro, sedangkan yang berukuran besar disebut pori makro.

Hubungan Air, Tanah, dan Tanaman

Air dan udara di dalam tanah sangat membantu pertumbuhan tanaman, karena seperti kita ketahui bahwa tanaman dalam berfotosintesis memerlukan ke dua dzat tersebut. Kendatipun demikian, keberadaan air dan udara didalam tanah saling bersifat komplemen dan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Tanah yang mengandung banyak air memiliki kandungan udara yang sangat sedikit karena hampir semua pori tanah diisi oleh air. Begitupun sebaliknya, tanah yang mengandung banyak udara akan memiliki kandungan air yang sedikit pula. Komposisi air dan udara dalam menempati pori tanah haruslah berimbang sesuai dengan kebutuhan jenis tanaman yang ditanam.

Dalam kaitannya dengan budidaya pertanian, hubungan keterikatan antara air dan udara di dalam tanah mengenal 3 istilah penting yang antara lain:
  1. Kondisi jenuh air
  2. Kondisi kapasitas lapang
  3. Kondisi titik layu permanen

0 Response to "Hubungan Air, Tanah, dan Tanaman"